Pengenalan Antarmuka Komputer dan Jenis Media komunikasi

Pengenalan Antarmuka Komputer dan Jenis Media komunikasi


Diperlukan media komunikasi dan antarmuka (interface) yang tepat untuk mengkoneksikan komputer ke media komunikasi. Jika ada alat komunikasi yang memiliki antarmuka serial, harus disambungkan dengan antarmuka serial juga. Berikut pengenalan antarmuka dibahas singkat berikut ini.

Antarmuka Komputer

Antarmuka komputer merupakan jembatan antara dunia luar dan komputer itu sendiri. Antarmuka berfungsi sebagai tempat tersambungnya peranti luar ke komputer. Antarmuka juga dikenal dengan sebutan port. Port terdiri atas port serial, paralel, USB, LAN, AUDIO, keyboard dan mouse.

Port serial sering disebut port Com yang terdiri atas Com 1 dan Com 2, yang menggunakan konektor RS-232 dengan pilihan 9 pin atau 25 pin. Konektor ini berfungsi untuk menyambungkan alat seperti mouse, modem dan pembaca barcode. Kecepatan transmisi port serial lebih lambat dibandingkan dengan port paralel.

Port paralel sering juga disebut port LPT, yang menggunakan konektor DB-25 dengan jumlah pin sebanyak 25 buah. Konektor ini berguna untuk menyambungkan alat seperti printer, harddisk eksternal dan ZipDrive.

Port USB (Universal Serial Bus) memiliki kecepatan lebih cepat dari port serial dan paralel. Port ini sekarang sedang populer. Semua alat elektronik terbaru mendukung penggunaan port USB ini. Versi terbaru USB adalah USB versi 2.0. Alat yang bisa tersambung dengan port USB adalah Flash Disk, printer USB, MMC dan kamera digital.

Jenis Media Komunikasi

Ada beberapa jenis media komunikasi yang sering dipakai oleh masyarakat luas. Contohnya seperti mik, speaker, handycam, handphone dan webcame.

Saat ini komputer memiliki kemampuan untuk menggabungkan semua media dengan sebuah komputer. Komputer ini dikenal dengan sebutan komputer multimedia.

Webcame adalah kependekan dari web camera yang memungkinkan pengguna komputer seperti melakukan teleconference dengan pengguna komputer lain. Tentunya pemakaian webcame tersebut harus dilengkapi dengan mik dan perangkat lunak khusus yang harus ter-install di komputer. Contoh perangkat lunak untuk melakukan teleconference adalah Yahoo Messengger. Agar lebih memuaskan saat melakukannya, pilihlah koneksi internet yang lebih cepat selain dial up.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Antarmuka Komputer dan Jenis Media komunikasi"

Post a Comment